Rabu, 08 Juni 2011

tugas pertemuan ke-9

Nama : Sutyawan
NIM : I14090021

TUGAS PERILKON BAB 9
KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, EKONOMI, DAN SOSIAL KONSUMEN

1. Apa yang terpikirkan oleh anda mengenai karakteristik demografi, sosial, dan ekonomi?
2. Mengapa dianggap penting dalam mempelajari karakteristik demografi, sosial, dan ekonomi ?
3. Apa perbedaan demografi dengan sub budaya?
4. Apa pentingnya kita mempelajari sub budaya?
5. Gambarkan perbedaan sikap, persesi, dan perilaku yang anda amati?
Jawab : Jika dipandang dari sub budaya lokasi demografik, misalnya mengambil kondisi penduduk yang tinggal di daerah pantai dengan daerah pegunungan. Terkait dengan perilaku, masyarakat pantai cenderung mengkonsumsi pangan hasil dari laut seperti ikan, kerang, cumi, dll. Bahkan masyarakat jarang mengkonsumsi pangan hasil dari daerah pegunungan seperti sayur mayur atau buah-buahan. Kejadian sebaliknya pada daerah pegunungan yang cenderung mengkonsumsi lebih pangan nabati yang cocok seperti sayur mayur dan buah-buahan. Hal seperti ini akan menimbulkan masalah baru terkait dengan kebutuhan gizi. Setiap pangan memiliki kandungan gizi yang terbatas . Kandungan gizi yang tidak terdapat pada suatu makanan harus dilengkapi dari produk makanan lainnya. Misalkan hasil laut yang melimpah, masyarakat pesisir pantai tercukupi akan kandungan yodium sehingga produsen dapat memperkirakan jumlah yang akan didistribusi ke sejumlah konsumen. Lainpula pada masyarakat pegunungan yang sangat jauh dengan akses pangan hasil laut. Oleh sebab itu, masyarakat pegunungan lebih beresiko mengalami defisiensi yodim yang akan berakibat gondok. Produsen garam akan lebih menggencar untuk mendistribusikan kepada sejumlah konsumen yang tinggal didaerah pegunungan.
6. Mengapa data-data mengenai demografi penting dikumpulkan?Mengapa tiga variable (usia, pendidikan dan pekerjaan, lokasi geografi) penting dikumpulkan?
7. Mengapa warga negara berkepentingan mendapat pendidikan?
8. Bagaimana anda melihat anak sebagai konsumen, mengapa anak sebagai konsumen potensial?
9. Mengapa anak remaja juga potensial?
10. Mengapa pendapatan, pengeluaran, dan kartu kredit merupakan karakteristik yang paling penting?
11. Mengapa kelas sosial penting untuk bisnis dan ekonomial?
12. Indikator apa yang biasa anda lihat yang mudah untuk membedakan jenis kelas social?
13. Bagaimana anda melihat mahasiswa IPB dari kelas sosial?
Jawab : Terutama melihat dari pola kebiasaan sehari-hari baik dari cara dan jenis makan, cara memilih teman, bahasa yang dikomunikasikan, sikap, asesoris yang dikenakan, besarnya SPP per semester, Kendaraan yang digunakan pada saat ke kampus. Berbagai kriteria di atas dapat dijadikan acuan untuk menentukan kelas sosial beberapa mahasiswa IPB menurut persepsi masing-masing. Apakah seorang mahasiswa yang dipandang tersebut berada di pada kelas sosial menengah ke bawah, menengah, dan menengah ke atas.
14. Apa saja pola konsumsi dari menengah ke atas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar