Rabu, 27 April 2011

Nama : Sutyawan
NIM : I14090021
Resume Perilaku Konsumen

BAB 8 BUDAYA
Budaya adalah segala nilai, pemikiran,simbol yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan, dan kebiasaan seseorang dan masyarakat. Budaya bukan hanya bersifat abstrak, budaya bisa berbentuk objek material.
Menurut Engel, Balckwell, dan Miniard (1995) menyebutkan 10 sikap dan perilaku yang sangat dipengaruhi oleh budaya, yaitu :
1. Kesadaran diri dan ruang
2. Komunikasi Massa
3. Pakaian dan Penampilan
4. Makanan dan kebiasaan makan
5. Waktu dan kesadaran akan waktu
6. Hubungan keluarga, organisasi, dan lembaga pemerintah
7. Nilai dan Norma
8. Kepercayaan dan sikap
9. Proses Mental dan belajar
10. Kebiasaan Kerja

UNSUR_UNSUR BUDAYA
a. Nilai merupakan kepercayaan ataua segala sesutau yang diangggap penting oleh seseorang atau suatu masyarakat.
b. Norma adalah aturan masyarakat tentang sikap baik dan buruk, tindakan yang boleh dan tidak boleh. Norma terbagi dalam dua macam yaitu enacted norm misalnya aturan pemerintah dan ketatanegaraan, biasanya berbentuk peraturan , undang-undang. Sedangkan yang kedua adalah cresive norm yaitu norma yang ada dalam budaya dan bisa dipahami jika orang tersebut berinterakasi dengan orang-orang dari budaya yang sama.

Ada 3 jenis cressive norm
1. Kebiasaan adalaah berbagai bentuk perilaku dan tindakan yang diterima secara budaya.
2. Larangan adalah bentk kebiasaan yang mengandung aspek moral, biasanya berbentuk tindakan yang tidak boleh dilakukan oleh seseorang dalam suatu masyarakat.
3. Konvensi menggambrakan norma dalam kehidupan sehari-hari dan anjuran atau kebiasaan dengan perilaku konsumen yaitu perilaku rutin yang dilakukan konsumen.
c. Mitos merupakan unsur penting dan menggambrakan sebuah cerita atau kepercayaan yang mengandung nilai dan idealisme bagi suatu masyarakat.
d. Simbol adalah segala sesuatu (benda,warna,nama,konsep) yang memiliki arti penting lainnya (makna budaya yang diinginkan).

PENGARUH BUDAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN
Makna budaya dikomunikasikan kepada produk dan jasa melalui iklan dan sistem berpakaian. Produk,swalayan, pusat belanja, merek, kemasan sering menggambarkan makna budaya atau makna simbolik. Makna budaya yang telah melekat kepada produk akan dipindahkan kepada konsumen dalam bentuk pemilikan produk (possesion riyual), pertukaran (exchange ritual), pemakaian (grooming ritual), dan pembuangan (divestment ritual).

BUDAYA POPULER
a. Iklan
b. Televisi
c. Musik
d. Radio
e. Pakaian dan asesoris
f. Permainan
g. Film
h. Komputer

BUDAYA DAN STRATEGI PEMASARAN
Pemahaman tentang budaya sutau masyarakat dan bangsa akan memberikan inspirasi mengenai produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Beberapa orang yang memiliki insting bisnis atau kewirausahaan memanfaatkan pengetahuan budaya tersebut untuk membuat produk-produk obat tradisional atau yag dikenal sebagai jamu. Misalnya Jamu Nyonya Meneer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar